Hot News
Singaparna I (Kamis, 31/10/2024) Bertempat di Ruang Ketua PA Tasikmalaya telah dilaksanakan rapat optimalisasi e-Court. Rapat ini dihadiri oleh Panitera, Panitera Muda Gugatan, Panitera Muda Hukum, Panitera Muda Hukum, Pelaksana Kepaniteraan serta Petugas Keamanan. Dalam rapat ini, Ketua PA Tasikmalaya menegaskan agar semua penerimaan perkara di Pengadilan Agama Tasikmalaya dilakukan melalui e-Court. Agar optimalisasi ini berjalan dengan baik maka diperlukan kerjasama terutama petugas pelayanan yang melakukan komunikasi langsung kepada masyarakat. Dengan adanya optimalisasi penerimaan dan penyelesaian perkara secara elektronik diharapkan dapat mewujudkan asas peradilan yang cepat, sederhana, dan berbiaya ringan. Pengadilan Agama Tasikmalaya terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pencari keadilan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.
Artikel Selengkapnya Klik Disini
...
Singaparna I (Kamis, 31/10/2024) Bertempat di Ruang Ketua PA Tasikmalaya telah dilaksanakan rapat optimalisasi e-Court. Rapat ini dihadiri oleh Panitera, Panitera Muda Gugatan, Panitera Muda Hukum, Panitera Muda Hukum, Pelaksana Kepaniteraan serta Petugas Keamanan. Dalam rapat ini, Ketua PA Tasikmalaya menegaskan agar semua penerimaan perkara di Pengadilan Agama Tasikmalaya dilakukan melalui e-Court. Agar optimalisasi ini berjalan dengan baik maka diperlukan kerjasama terutama petugas pelayanan yang melakukan komunikasi langsung kepada masyarakat. Dengan adanya optimalisasi penerimaan dan penyelesaian perkara secara elektronik diharapkan dapat mewujudkan asas peradilan yang cepat, sederhana, dan berbiaya ringan. Pengadilan Agama Tasikmalaya terus berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya pencari keadilan di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.
Artikel Selengkapnya Klik Disini
...
Pengumuman
- Pengembalian Sisa Panjar Desember 2023 | (29/12)
- Pengembalian Sisa Panjar November 2023 | (30/11)
- Pengembalian Sisa Panjar Oktober 2023 | (31/10)
- Pengembalian Sisa Panjar September 2023 | (29/09)
- Pengumuman Penundaan Sidang 14 September 2023 | (08/09)
- Pengembalian Sisa Panjar Agustus 2023 | (31/08)
- Pengembalian Sisa Panjar Juli 2023 | (31/07)
Artikel
- Ketua PA Tasikmalaya Kembali Dipercaya Menjadi Pengajar Diklat Calon Hakim Terpadu Peradilan Agama
- Metodologi Al-Munasakhat Dalam Perhitungan Kewarisan | Oleh : Drs. Isak Munawar, MH.
- Masalah-Masalah Musykilat Dalam Hukum Kewarisan | Oleh : Drs. Isak Munawar, MH.
- Ikhtisar Hukum Waris Islam di Indonesia | Oleh : Drs. Isak Munawar, MH.
- Reposisi Struktur Kewarisan Islam Berdasarkan Teori Wasiat Wajibah | Oleh : Drs. Isak Munawar, MH.
- AL-MUSYARAKAT AL-MUTANAQISHAH DALAM AL-TIJARIY AL-ISLAMY | Oleh : DRS. ISAK MUNAWAR, MH.
- Pengawasan Internal adalah pengawasan dari dalam lingkungan peradilan sendiri yang mencakup 2 (dua) jenis pengawasan yaitu: Pengawasan Melekat dan Rutin/Reguler.
- Pengawasan Melekat adalah serangkaian kegiatan yang bersifat sebagai pengendalian yang terus menerus, dilakukan oleh atasan langsung terhadap bawahannya secara preventif dan represif, agar pelaksanaan tugas bawahan tersebut berjalan secara efektif dan efisien sesuai dengan rencana kegiatan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
- Pengawasan Rutin/Reguler adalah pengawasan yang dilaksanakan Pengadilan Agama Tangerang secara rutin terhadap penyelenggaraan peradilan sesuai dengan kewenangan masing-masing;
- Pengawasan Keuangan adalah pemeriksaan terhadap penyelenggaraan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta dana/bantuan pihak ketiga yang sedang berjalan (Current Audit), dan atau yang telah direalisasikan beserta neraca (Post Audit) yang meliputi Audit Ketaatan (terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku), Audit Keuangan (dengan menggunakan standar akuntansi yang berlaku), dan Audit Operasional (apakah pengelolaan APBN telah dilakukan secara ekonomis, efisien, dan efektif);
- Penanganan Pengaduan adalah rangkaian proses penanganan atas pengaduan yang ditujukan terhadap instansi, atau pelayanan publik, atau tingkah laku aparat peradilan dengan cara melakukan monitoring, dan atau observasi, dan atau konfirmasi, dan atau klarifikasi, dan atau investigasi (pemeriksaan) untuk mengungkapkan benar tidaknya hal yang diadukan tersebut;
- Manajemen Pengadilan adalah rangkaian kebijakan untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengendalian/ pengawasan dan penilaian serta evaluasi atas kegiatan yang dilakukan;
- Administrasi Persidangan adalah seluruh kegiatan yang harus dilakukan untuk pelaksanaan persidangan, meliputi sistem pembagian perkara, penentuan majelis hakim, penentuan hari sidang, pemanggilan, pembuatan berita acara persidangan, dan tertib persidangan;
- Administrasi Perkara adalah seluruh kegiatan yang dilakukan oleh aparat pengadilan yang diberi tugas untuk mengelola penanganan perkara yang meliputi prosedur penerimaan perkara, keuangan perkara, pemberkasan perkara, penyelesaian perkara, dan pembuatan laporan perkara sesuai dengan pola yang sudah ditetapkan;
- Administrasi Umum adalah seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan dibidang kepegawaian, keuangan, inventaris, perpustakaan, tertib, persuratan, tertib perkantoran, dan lain-lain;
- Kinerja Pelayanan Publik adalah suatu tingkat pencapaian atas pelaksanaan tugas pelayanan publik dibidang hukum dan keadilan yang mendukung terwujudnya visi dan misi lembaga peradilan;
- Tindak Lanjut adalah tindakan, atau kebijakan yang diambil sebagai pelaksanaan dan rekomendasi hasil pengawasan.
Pelayanan E-Court
Aplikasi e-court adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran Perkara secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. e-Filing (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online)
Selanjutnya
Pengadilan Agama Tasikmalaya, BISAA !!