Pengadaan Barang dan Jasa
Pengadaan Barang / Jasa
Pengadilan Agama Tasikmalaya
-
PENDAHULUAN
Tata pemerintahan yang baik dan bersih (good governance and clean goverment) adalah seluruh aspek yang terkait dengan kontrol dan pengawasan terhadap kekuasaan yang dimiliki Pemerintah dalam menjalankan fungsinya melalui instansi formal dan informal. Untuk melaksanakan prinsip Good Governance and Clean Goverment, maka instansi pemerintah (termasuk peradilan agama) harus melaksanakan prinsi-prinsip akuntabilitas dan pengelolaan sumber daya secara efisien, serta mewujudkannya dengan tindakan dan peraturan yang baik dan tidak berpihak (independent), serta menjamin terjadinya interaksi anatara pihak terkait (stakeholders) secara adil, transparan, profesional, dan akuntabel.Kebijakan umum Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah bertujuan untuk mensinergikan ketentuan Pengadaan Barang/Jasa dengan kebijakan-kebijakan di sektor lainnya. Langkah kebijakan tersebut secara umum diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.
- PEDOMAN PENGADAAN BARANG DAN JASA
Pedoman Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah bersumber pada Peraturan Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 :
- Perpres Nomor 16 Tahun 2018
- Pedoman Perencanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
- Pedoman Swakelola
- Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Melalui Penyedia
- Pedoman Pelaksanaan Tender/Seleksi Internasional
- Pedoman Katalog Elektronik
- Pedoman Pengadaan Barang/Jasa yang Dikecualikan pada Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
- Pengadaan Barang/Jasa Dalam Penanganan Keadaan Darurat
- Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa
- Pelaku Pengadaan Barang/Jasa
- Agen Pengadaan
- Sanksi Daftar Hitam Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
- Layanan Penyelesaian Sengketa Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
- Pengembangan Sistem dan Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa
- Tata Cara Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Penyediaan Infrastruktur Melalui Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Atas Prakarsa Menteri/Kepala Lembaga/Kepala Daerah
STANDAR DOKUMEN PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH
Adapun jenis dokumen pengadaan barang/jasa pemerintah yang memenuhi standar sebagai mana Peraturan Kepala LKPP Nomor 2 Tahun 2011 tentang Perubahan Kesatu Atas Peraturan Kepala LKPP Nomor 6 Tahun 2010 tentang Standar Dokumen Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (Standar Bidding Document);
TAHUN 2024
No | Nama Paket | Pagu Anggaran | Jenis Pengadaan | Metode | Pemilihan | Pemenang |
1. | Jasa Konsultan Hukum POSBAKUM PA | Rp. 50.000.000,- | Jasa Konsultasi | Pengadaan Langsung | Desember 2023 |
TAHUN 2023
No | Nama Paket | Pagu Anggaran | Jenis Pengadaan | Metode | Pemilihan | Pemenang |
1. | Jasa Konsultan Hukum POSBAKUM PA | Rp. 50.000.000,- | Jasa Konsultasi | Pengadaan Langsung | Januari 2023 | LBH PERADI TASIKMALAYA |
2. | Pengadaan Prasarana Disabilitas (Jalur Disabilitas) |
Rp. 55.550.000,- |
Jasa Konstruksi | Pengadaan Langsung | Mei 2023 | CV. KARYA BULERANG |
3 | Renovasi Toilet/WC Ruang Tunggu Sidang | Rp. 169.830.000,- | Jasa Konstruksi | Pengadaan Langsung | Oktober 2023 | CV. ROMIZA |
TAHUN 2022
No | Nama Paket | Pagu Anggaran | Jenis Pengadaan | Metode | Pemilihan | Pemenang |
1. | Jasa Konsultan Hukum POSBAKUM PA | Rp. 50.000.000,- | Jasa Lainnya | Pengadaan Langsung | Desember 2021 | LBH SIKAP CIAMIS |
2. | PC Kepaniteraan dan Printer | Rp. 91.000.000,- | Barang | E-Purchasing | Maret 2022 | CV. SOLUSI ARYA PRIMA |
TAHUN 2021
No | Nama Paket | Pagu Anggaran | Jenis Pengadaan | Metode | Pemilihan | Pemenang |
1. | Ruang Sidang Online | Rp. 200.000.000,- | Barang | E-Purchasing | Juli 2021 | CV. SOLUSI ARYA PRIMA |
2. | Mesin Antrian Sidang | Rp. 27.500.000,- | Barang | Pengadaan Langsung | Juni 2021 | CV. JAVA PERSADA |
3. | PC Kepaniteraan | Rp. 37.500.000,- | Barang | E-Purchasing | Mei 2021 | CV. SOLUSI ARYA PRIMA |
4. | Jasa Konsultan Hukum POSBAKUM PA | Rp. 50.000.000,- | Jasa Lainnya | Pengadaan Langsung | Desember 2020 | Pusat Bantuan Hukum PERADI Tasikmalaya |
TAHUN 2020
No | Nama Paket | Pagu Anggaran | Jenis Pengadaan | Metode | Pemilihan | Pemenang |
1. | PC Kepaniteraan | Rp. 25.000.000,- | Barang | E-Purchasing | Maret 2020 | CV. BHINNEKA MENTARI DIMENSI |
2. | Jasa Konsultan Hukum POSBAKUM PA | Rp. 50.000.000,- | Jasa Lainnya | Pengadaan Langsung | Desember 2019 | Pusat Bantuan Hukum PERADI Tasikmalaya |
MEKANISME PROSEDUR YANG BERLAKU
Secara Garis Besar Pengadaan Terdiri Dari :
- Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Melalui Swakelola
- Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Melalui Penyedia
- Pengadaan Khusus
- Usaha Kecil, Produk Dalam Negeri, Dan Pengadaan Berkelanjutan
- Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik
Mekanisme prosedur sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Klik disini.
A. Prosedur Pengadaan Langsung Nilai >50 Juta-200 juta
- Bagian Umum mengajukan permohonan tertulis Surat Permintaan Barang/ Jasa yang di tanda tangani oleh Kepala Sub. Bagiannya yang kemudian di tujukan kepada Pejabat Pembuat Komitmen.
- Memberikan disposisi persetujuan atau ketidak setujuan terkait dengan permintaan barang dan jasa tersebut.
- Apabila Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) menyetujui permintaan, maka PPK segera melakukan spesifikasi teknis, kemudian membuat Harga Perkiraan Sendiri (HPS) jika pengadaan langsung senilai Rp.50.000.000 sampai Rp. 200.000.000 maka disebut Pengadaan Langsung dengan menggunakan Surat Perintah Kerja (SPK) sekaligus menetapkan rekanan sebagai pemenang dan melakukan penandatangan berkas SPK.
- Proses setelah pembuatan HPS akan di lanjutkan kepada Pejabat Pengadaan Barang untuk melakukan proses surat menyurat kepada PPK hingga membuat pengumuman Pengadaan Barang dan Jasa, setelah pengumuman Pengadaan Barang, PPK akan menetapkan Pemenang berdasarkan harga penawaran terendah, yang kemudian akan diteruskan oleh Pejabat Pengadaan Barang/ Jasa untuk melakukan evaluasi dokumen penawaran dari pemenang.
- Jika evaluasi dokumen penawaran dari pemenang telah dilakukan oleh Pejabat Pengadaan Barang/ Jasa maka prosedur berikutnya akan dilaksanakan Negosiasi Harga antara Pejabat Pengadaan Barang/ Jasa dan Pemenang yang kemudian akan diusulkan kepada PPK hasil negosiasi dan penawaran dari pemenang.
- Penyedia Barang/ Jasa selaku rekanan pemenang melakukan penandatangan kontrak dengan PPK dan Pejabat Pengadaan Barang/ Jasa, dan melakukan pekerjaan sesuai dengan jadwal waktu yang telah ditetapkan.
- Barang atau Jasa yang telah diselesaikan oleh Penyedia Barang/ Jasa akan dilakukan pemeriksaan oleh Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PjPHP) Barang/ Jasa sesuai dengan kontrak, dalam hal ini Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PjPHP) Barang/ Jasa juga membuat Berita Acara Pemeriksaan Hasil Pekerjaan Barang/ Jasa.
- Setelah Barang/Jasa telah diperiksa oleh Pejabat Pemeriksa Barang/ Jasa (PjPHP), PPK dan Penyedia menandatangani Berita Acara Serah Terima Barang/Jasa dan Berita Acara Pembayaran 100% sebagai dasar dalam pembayaran kontrak yang telah dilaksanakan oleh Penyedia Barang/Jasa.
- Jika seluruh prosedur terpenuhi maka barang/jasa bisa segera di distribusikan oleh Bagian Umum.
B. Prosedur Pengadaan Langsung Nilai 200 juta
- Bagian Umum mengajukan permohonan tertulis Surat Permintaan Barang/ Jasa yang di tanda tangani oleh Kepala Sub. Bagiannya yang kemudian di tujukan kepada Pejabat Pembuat Komitmen.
- Memberikan disposisi persetujuan atau ketidak setujuan terkait dengan permintaan barang dan jasa tersebut.
- Apabila Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) menyetujui permintaan, maka PPK segera melakukan spesifikasi teknis, kemudian membuat Harga Perkiraan Sendiri (HPS) jika pengadaan diatas 200 juta rupiah maka dilakukan dengan poses lelang atau E-Purchasing.
- Proses setelah pembuatan HPS akan di lanjutkan kepada Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Mahkamah Agung Korwil DKI Jakarta untuk dilakukan proses pengadaan dengan lelang.
- Penyedia Barang/ Jasa selaku rekanan pemenang melakukan penandatangan kontrak dengan PPK dan melakukan pekerjaan sesuai dengan jadwal waktu yang telah ditetapkan.
- Barang atau Jasa yang telah diselesaikan oleh Penyedia Barang/ Jasa akan dilakukan pemeriksaan oleh Panitia Pemeriksaan Hasil Pekerjaan Barang/ Jasa sesuai dengan kontrak, dalam hal ini Panitia Pemeriksaan Hasil Pekrejaan Barang/ Jasa juga berwenang membuat Berita Acara Pemeriksaan Hasil Pekrjaan Barang/ Jasa.
- Setelah Barang/Jasa telah diperiksa oleh Panitia Pemeriksaan Barang/ Jasa , PPK dan Penyedia menandatangani Berita Acara Serah Terima Barang/Jasa dan Berita Acara Pembayaran 100% sebagai dasar dalam pembayaran kontrak yang telah dilaksanakan oleh Penyedia Barang/Jasa.
- Jika seluruh prosedur terpenuhi maka barang/jasa bisa segera di distribusikan oleh Bagian Umum.
- MEKANISME KEBERATAN DAN PENGADUAN ATAS HASIL PENGADAAN BARANG DAN JASA
- Masyarakat menyampaikan pengaduan kepada Aparat Pengawas Intern Pemerintah disertai bukti yang faktual, kredibel, dan autentik.
- Aparat Penegak Hukum meneruskan pengaduan masyarakat kepada Aparat Pengawas Intern Pemerintah untuk ditindaklanjuti.
- Aparat Pengawas Intern Pemerintah menindaklanjuti pengaduan sesuai kewenangannya.
- Aparat Pengawas Intern Pemerintah melaporkan hasil tindak lanjut pengaduan kepada menteri/kepala lembaga/kepala daerah.
- Menteri/kepala lembaga/kepala daerah melaporkan kepada instansi yang berwenang, dalam hal diyakini adanya indikasi KKN yang merugikan keuangan negara.
- Menteri/kepala lembaga/kepala daerah memfasilitasi masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa.
- Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah mengembangkan sistem pengaduan Pengadaan Barang/Jasa
- JADWAL PELELANGAN
Pengadilan Agama Tasikmalaya tidak ada pengadaan yang melalui proses pelelangan.
- ALAMAT DAN KONTAK PENGAJUAN PENGADAAN BARANG DAN JASA
Alamat Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa Pengadilan Agama Tasikmalaya:
Pengelola Barang Dan Jasa | Bayu Aditya Pratama, S.T |
NIP | 19870630.202012.1.002 |
Jalan By Pass Linggasari Komplek Perkantoran Pemkab Desa Singasari Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya
0265 - 546059