Hot News
Singaparna I (Rabu, 22/01/2025) Bertempat selasar ruang hakim telah dilaksanakan rapat koordinasi tenaga teknis terkait pelaksanaan sidang keliling yang dipimpin oleh Ketua PA Tasikmalaya, Dr. Sugiri Permana, S.Ag.,M.H. didampingi oleh Misdaruddin, S.Ag.,M.H. dan dihadiri oleh Para Hakim, Panitera, Panitera Muda Gugatan, Panitera Muda Permohonan, Panitera Muda Hukum, Para Panitera Pengganti PTA Bandung yang diperbantukan di PA Tasikmalaya dan Para Panitera Pengganti PA Tasikmalaya. Selain pelaksanaan rapat koordinasi dengan para tenaga teknis, dilaksanakan juga rapat koordinasi tenaga pelaksana yang dihadiri administrator kegiatan sidang keliling yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama. Rapat dengan tenaga pelaksanan tersebut dipimpin oleh sekretaris PA Tasikmalaya, Hirpan Hilmi, S.T dengan didampingi oleh Kasubag Kepegawaian dan ORTALA, Idris Sudarajat, S.HI. Dengan dilaksanakannya rapat tersebut diharapkan pelaksanaan sidang keliling pada tahun 2025 ini dapat terlaksana dengan baik.
...
Pengumuman
- Pengembalian Sisa Panjar Desember 2024 | (22/01)
- Pengembalian Sisa Panjar November 2024 | (22/01)
- Pengembalian Sisa Panjar Oktober 2024 | (22/01)
- Pengembalian Sisa Panjar September 2024 | (22/01)
- Pengembalian Sisa Panjar Agustus 2024 | (22/01)
- Pengembalian Sisa Panjar Juli 2024 | (22/01)
- Pengembalian Sisa Panjar Juni 2024 | (22/01)
Artikel
- Tresna Robiyana Suparyo, S.H. | Aplikasi Pengelolaan Arsip Berkas Perkara di Pengadilan Agama Tasikmalaya
- Angga Muhammad Arafat, S.H. | Penerapan Transaksi Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (Pnbp) Dan Pengembalian Sisa Panjar (Psp) Secara Cashless Di Pengadilan Agama Tasikmalaya
- Lana Fuadi, S.H. | Aplikasi Layanan Tamu Virtual Pengadilan Agama Tasikmalaya
- Dr.Sugiri Permana, S.Ag,M.H. | Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik
- Ketua PA Tasikmalaya Kembali Dipercaya Menjadi Pengajar Diklat Calon Hakim Terpadu Peradilan Agama
- Metodologi Al-Munasakhat Dalam Perhitungan Kewarisan | Oleh : Drs. Isak Munawar, MH.
Daftar SOP Kepaniteraan
No. | Nama SOP | Link |
1 | Pelayanan Informasi Masyarakat | |
2 | Pelayanan Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) | |
3 | Pelayanan Sidang Diluar Gedung | |
4 | Penerimaan Perkara Tingkat Pertama | |
5 | Pembayaran Panjar Biaya Perkara | |
6 | Penetapan Majelis Hakim (PMH) | |
7 | Penetapan penunjukkan Panitera Pengganti | |
8 | Penunjukkan Jurusita atau JSP | |
9 | Penetapan hari Sidang | |
10 | Pemanggilan Para Pihak | |
11 | Permohonan Bantuan atau Pemberitahuan Panggilan Ke PA Lain | |
12 | Permohonan Penyampaian Panggilan atau Pemberitahuan dari PA Lain | |
13 | Kegiatan Persiapan Persidangan | |
14 | Pelayanan Mediasi | |
15 | Pemanggilan Mediasi | |
16 | Pelayanan Penundaan Sidang | |
17 | Pelayanan Pemanggilan Saksi | |
18 | Pelayanan Mohon Bantuan pemeriksaan Saksi ke PA Lain | |
19 | Pelayanan Mohon Bantuan pemeriksaan Saksi dari PA Lain | |
20 | Pelayanan Pemeriksaan Setempat | |
21 | Pelayanan Mohon Bantuan Pemeriksaan Setempat dari PA Lain | |
22 | Pelayanan mohon bantuan Pemeriksaan Setempat ke PA Lain | |
23 | Pelayanan teguran Panjar Biaya perkara yang Menambah Panjar | |
24 | Pelayanan Teguran Panjar Biaya Perkara yang Tidak Menambah Panjar | |
25 | Pelayanan Sita jaminan | |
26 | Pelayanan Sita Buntut | |
27 | Pelayanan Sita Harta Bersama Tanpa Perkara | |
28 | Pelayanan Pemberitahuan Isi Putusan | |
29 | Pelayanan Pengembalian Sisa Panjar | |
30 | Pelayanan Penyerahan Salinan Putusan pertama Kepada Para Pihak | |
31 | Pelayanan Pengembalian kutipan Akta Nikah | |
32 | Pelayanan perkara yang BHT | |
33 | Pelayanan Ikrar Talak | |
34 | Penyerahan Produk Pengadilan | |
35 | Pelayanan Penyerahan Akta Cerai | |
36 | Pelayanan Pengiriman Putusan Kepada para Pihak | |
37 | Pelayanan Pengiriman Salinan Putusan yang Sudah BHT ke KUA | |
38 | Pelayanan Pengiriman Salinan Putusan atau Penetapan | |
39 | Pelayanan Akta Cerai Pada cerai Gugat | |
40 | Pelayanan Akta cerai Pada Cerai Talak | |
41 | Pelayanan Pengiriman Salinan Putusan yang Sudah BHT ke KUA | |
42 |
Pelayanan Penerimaan Perkara dalam Ekonomi Syariah dengan cara Sederhana Tidak Memenuhi Syarat |
Lihat |
43 |
Pelayanan Keberatan Dalam Perkara Upaya Hukum Perkara Sederhana dalam Ekonomi Syariah Telah Melewati batas Waktu |
Lihat |
44 |
Pelayanan Pengajuan Keberatan Dalam perkara Upaya Hukum Perkara Sederhana Dalam Ekonomi Syariah yang memenuhi batas Waktu |
Lihat |
45 | Pelayanan Banding | |
46 | Pelayanan Kasasi | |
47 |
Prelayanan Kasasi yang Tidak memenuhi Syarat Formal dengan Alasan Melebihi batas |
|
48 |
Pelayanan kasasi yang Tidak Memenuhi Syarat Formal Dengan Alasan Tidak mengajukan memori kasasi |
|
49 | Pengajuan dan Penyelesaian perkara PK | |
50 | Pelayanan Prodeo perkara tingkat pertama | |
51 | Pelayanan Prodeo Tingkat banding | |
52 | Pelayanan Prodeo Tingkat Kasasi | |
53 | Pelayanan Pembebasan Biaya perkara Tingkat pertama | |
54 | Pelayanan pembebasan Biaya Perkara Tingkat banding | |
55 | Pelayanan Pembebasan Biaya Perkara Tingkat kasasi | |
56 | Pelayanan permohonan Eksekusi Riil | |
57 | Pelayanan Permohonan Eksekusi Pembayaran Sejumlah uang | |
58 | Pelayanan Permohonan Lelang Selain Putusan Pengadilan Agama Dengan Lelang | |
59 | Pelayanan permohonan Eksekusi ke Pengadilan Agama Lain | |
60 | Pelayanan Mohon Bantuan Eksekusi dari PA Lain | |
61 | Pelayanan Permohonan Konsinyasi | |
62 | Pelayanan Permohonan Isbat Rukyah Hilal | |
63 | Pengarsipan | |
64 | Pelaporan | |
65 | Pengaduan | |
66 | Pelayanan Permohonan Perceraian PNS TNI dan Polri | |
67 | Pelayanan permohonan pendaftaran Surat Kuasa Khusus | |
68 | Pelayanan Permohonan isbat Nikah Volunter | |
69 | Pelayanan Pengelolaan ATK Perkara | |
70 | Pelayanan Pengelolaan Keuangan Perkara | |
71 | Pelayanan Pengelolaan Sisa Panjar | |
72 | Pelayanan Terpadu Satu Pintu | |
73 |
Pendaftaran akun e-court Pengguna Terdaftar |
Lihat |
74 |
Pendaftaran akun e-court Pengguna lain |
Lihat |
75 |
Pendaftaran dan Pembayaran Panjar Biaya Perkara secara Elektronik bagi Pengguna |
Lihat |
76 |
Penerimaan Pendaftaran dan Pembayaran Panjar Biaya Perkara secara Elektronik (e-Filling dan e-Payment |
Lihat |
77 |
Pemanggilan Para Pihak secara elektronik (e-Smmon) |
Lihat |
78 |
Persidangan Secara Elektronik (e-Litigasi) |
Lihat |
79 |
Penandatanganan Salinan Putusan & Penetapan elektronik pada e-Court |
Lihat |
80 |
Pendaftaran Banding secara Elektronik |
Lihat |
81 |
Penerbitan Akta Banding Secara Elektronik |
Lihat |
82 |
Pemberitahuan Pernyataan Banding secara Elektronik |
Lihat |
83 |
Penerimaan dan Pemberitahuan Memori Banding secara Elektronik |
Lihat |
84 |
Penerimaan dan Pemberitahuan Kontra Banding secara Elektronik |
Lihat |
85 |
Pemberitahuan dan Pelaksanaan Inzage Banding secara Elektronik |
Lihat |
86 |
Pengiriman Biaya Banding secara Elektronik |
Lihat |
87 |
Pengiriman Berkas Perkara Banding secara Elektronik |
Lihat |
88 |
Penerimaan dan Pemberitahuan Putusan Banding secara Elektronik |
Lihat |
89 |
SOP Pengiriman Relaas Melalui Pos Surat Tercatat |
Lihat |
Pelayanan E-Court
Aplikasi e-court adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran Perkara secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. e-Filing (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online)
SelanjutnyaBagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?
Berdasarkan surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan sebagai pengganti Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan terdapat prosedur permohonan informasi yang terbagi pada jenis jenis informasi yang terkatagori informasi yang wajib diumumkan setiap saat dan informasi yang wajib tersedia setiap saat dan dapat diakses oleh masyarakat.
SelanjutnyaBantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu
Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Tasikmalaya memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).
Lebih LanjutE-Learning Mahkamah Agung
E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia adalah sebuah situs untuk memfasilitasi dalam hal pendidikan pelatihan dan untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs resminya dengan cara klik tombol dibawah ini.
Lebih LanjutJaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum
Dengan pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU-KIP) pada 30 April 2010, maka keterbukaan akan informasi termasuk informasi di bidang hukum dan regulasi yang diterbitkan dalam bidang hukum dan peradilan sudah merupakan kebutuhan masyarakat.
Lebih Lanjut
Pengadilan Agama Tasikmalaya, BISAA !!