• [Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Tasikmalaya]
  • [Website Pengadilan Agama Tasikmalaya] Template website pengadilan yang sudah memenuhi standar SKMA 1-144/2011 Mengenai Keterbukaan Informasi Publik.
  • [Selamat Datang] Anda Memasuki Wilayah Bebas dari Korupsi Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Pengadilan Agama Tasikmalaya
  • [Aplikasi SIPP] Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
  • [E-Court] Untuk meningkatkan Pelayanan terhadap Pencari Keadilan, Mahkamah Agung RI mengembangkan dan mengimplementasikan Aplikasi e-Court (yang terdiri dari modul : e-filing, e-payment, e-notification, dan e-summons) . Yang didasari Perma Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik (PERMA 03 tahun 2018).
  • [SIWAS] "Whistleblowing System""adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan.
  • [STOP GRATIFIKASI!] Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Agama Tasikmalaya pada hari dan Jam Kerja.


banner


 area I fix

area I fixAco CCTV 1area I fix 

 

ICON ZOOM PELAYANAN  ZIbigZIbigZIbigZIbig   ICON ZI WBK   hak hak perempuan dan anak
                      

pengumuman     pengumuman   costumer based1  pengumuman    pengumuman

 program prioritas 2024 1080p

 

    

Hot News

Singaparna I (Rabu, 22/01/2025) Bertempat selasar ruang hakim telah dilaksanakan rapat koordinasi tenaga teknis terkait pelaksanaan sidang keliling yang dipimpin oleh Ketua PA Tasikmalaya, Dr. Sugiri Permana, S.Ag.,M.H. didampingi oleh Misdaruddin, S.Ag.,M.H. dan dihadiri oleh Para Hakim, Panitera, Panitera Muda Gugatan, Panitera Muda Permohonan, Panitera Muda Hukum, Para Panitera Pengganti PTA Bandung yang diperbantukan di PA Tasikmalaya dan Para Panitera Pengganti PA Tasikmalaya. Selain pelaksanaan rapat koordinasi dengan para tenaga teknis, dilaksanakan juga rapat koordinasi tenaga pelaksana yang dihadiri administrator kegiatan sidang keliling yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama. Rapat dengan tenaga pelaksanan tersebut dipimpin oleh sekretaris PA Tasikmalaya, Hirpan Hilmi, S.T dengan didampingi oleh Kasubag Kepegawaian dan ORTALA, Idris Sudarajat, S.HI. Dengan dilaksanakannya rapat tersebut diharapkan pelaksanaan sidang keliling pada tahun 2025 ini dapat terlaksana dengan baik. ...

SOSIALISASI PEMBINAAN KETUA MAHKAMAH AGUNG RI KEPADA SELURUH APARAT PENGADILAN AGAMA TASIKMALAYA

sosialisasi berita 3

Rabu (31/10/2018), seluruh aparatur Pengadilan Agama Tasikmalaya mengadakan kegiatan rutin yaitu pembinaan dan sosialisasi kepegawaian Pengadilan Agama Tasikmalaya yang dilaksanakan di ruang sidang utama. Pada sosialisasi hari ini, membahas mengenai hasil pembinaan Ketua PTA Jawa Barat yang dilakukan di Jawa Barat pada hari Kamis, 25 Oktober 2018 yang disampaikan oleh Drs. H. Mohd Abdu A Ramly.

Dalam sosialisasi ini, ada beberapa hal yang disampaikan oleh narasumber diantaranya adalah tantangan dalam mencapai visi dan misi Mahkamah Agung. Tantangan Mahkamah Agung adalah penerapan salah satu misi Mahkamah Agung yaitu menciptakan peradilan modern yang berbasis IT untuk mengatasi masalah kurangnya akses keadilan dengan cara menerapkan e-court pada peradilan dibawahnya. Dengan e-court masyarakat akan lebih mudah untuk mendapatkan keadilan tanpa harus datang ke pengadilan.

sosialisasi berita

Adapun tantangan lainnya adalah lambatnya penanganan perkara, karena di beberapa pengadilan masih banyak penanganan perkara yang lebih dari 5 bulan. Oleh karena itu, Mahkamah Agung menghimbau kepada seluruh peradilan dibawahnya untuk menerapkan sistem court kalender yaitu dengan cara melakukan kesepakatan kepada para pihak yang hadir mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan perkara tersebut, sehingga dengan adanya kesepakatan tersebut akan ada kerjasama dari para pihak untuk mencapai jangka waktu yang telah disepakati dengan cara menghadiri jadwal yang telah ditentukan tanpa harus dilakukan pemanggilan. Selain itu, ketua majelis juga dapat menjadwalkan proses persidangan yang tersedia di aplikasi SIPP, sehingga proses persidangan lebih terkontrol dan dapat mencegah penanganan perkara yang lambat.

Selain itu dibutuhkan integritas aparatur peradilan untuk mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi oleh Mahkamah Agung diantaranya tidak ada penyimpangan jurusita dalam melakukan pemanggilan, sehingga jurusita benar-benar melakukan pemanggilan secara sah dan patut sesuai dengan aturan yang berlaku. Hakim juga harus menunjukkan keprofesionalitasnya dalam menjalani tugasnya dengan mempertahankan sikap yang netral, sehingga para pihak merasakan keadilan dalam putusan yang diberikan oleh hakim.

sosialisasi berita 1

Selain tantangan di atas, ada beberapa permasalahan dalam praktek peradilan baik secara administrasi maupun teknis. Adapun permasalahan secara administrasi adalah masih banyak berkas perkara yang hilang, sehingga Panitera berkewajiban untuk mengawasi berkas baik yang masih berjalan maupun berkas yang telah diarsipkan. Pengiriman berkas banding dan kasasi juga harus segera dikirim tanpa harus menunggu berkas inzage, serta pengadilan tingkat pertama juga perlu memantau putusan MA, sehingga apabila ada kesalahan ketik pada putusan tersebut dapat segera dikirim untuk direnvoi oleh MA.

Sedangkan permasalahan secara teknis adalah masih ada beberapa pengadilan yang mengadili perkara di luar kewenangannya, masih ada kesalahan dalam eksekusi putusan/ di luar putusan. Oleh karena itu, seluruh aparatur peradilan perlu mempelajari lagi kewenangan, SOP, dan aturan yang melekat pada dirinya untuk mencegah permasalahan-permasalahan tersebut.

sosialisasi berita 2

Selain permasalahan-permasalahan, Mahkamah Agung juga akan mengadakan perlombaan di lingkungan Mahkamah Agung diantaranya yaitu lomba manajemen, inovasi, website, dan pemberkasan. Menanggagapi hal tersebut, Ketua Pengadilan Agama Tasikmalaya menekankan kepada seluruh aparatur PA Tasikmalaya untuk menjalankan visi misi Mahkamah Agung dengan memaksimalkan pengelolaan website yang dianggap masih perlu diperbaiki. “sebelum bekerja seluruh pegawai wajib membuka website, hafalkan visi misi Pengadilan Agama Tasikmalaya, dan isi konten website yang belum lengkap”, demikian himbauan beliau.

sosialisasi berita 4

Himbauan Ketua Pengadilan Agama Tasikmalaya tersebut bertujuan untuk meningkat pelayanan yang prima sesuai dengan asas peradilan sederhana, cepat, berbiaya ringan dengan cara mengikuti perkembangan zaman berbasis teknologi, sehingga para pencari keadilan dapat lebih mudah mendapatkan akses keadilan.

(Red: Khoirun Nisa)

Pelayanan E-Court

Aplikasi e-court adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran Perkara secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. e-Filing (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online)

Selanjutnya

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Berdasarkan surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan sebagai pengganti Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan terdapat prosedur permohonan informasi yang terbagi pada jenis jenis informasi yang terkatagori informasi yang wajib diumumkan setiap saat dan informasi yang wajib tersedia setiap saat dan dapat diakses oleh masyarakat.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Tasikmalaya memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Lebih Lanjut

E-Learning Mahkamah Agung

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia adalah sebuah situs untuk memfasilitasi dalam hal pendidikan pelatihan dan untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs resminya dengan cara klik tombol dibawah ini.

Lebih Lanjut

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

Dengan pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU-KIP) pada 30 April 2010, maka keterbukaan akan informasi termasuk informasi di bidang hukum dan regulasi yang diterbitkan dalam bidang hukum dan peradilan sudah merupakan kebutuhan masyarakat.

Lebih Lanjut

 


Pengadilan Agama Tasikmalaya, BISAA !!

[rtbs name="tab-home"]
cctv