• [Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Tasikmalaya]
  • [Website Pengadilan Agama Tasikmalaya] Template website pengadilan yang sudah memenuhi standar SKMA 1-144/2011 Mengenai Keterbukaan Informasi Publik.
  • [Selamat Datang] Anda Memasuki Wilayah Bebas dari Korupsi Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Pengadilan Agama Tasikmalaya
  • [Aplikasi SIPP] Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
  • [E-Court] Untuk meningkatkan Pelayanan terhadap Pencari Keadilan, Mahkamah Agung RI mengembangkan dan mengimplementasikan Aplikasi e-Court (yang terdiri dari modul : e-filing, e-payment, e-notification, dan e-summons) . Yang didasari Perma Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik (PERMA 03 tahun 2018).
  • [SIWAS] "Whistleblowing System""adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan.
  • [STOP GRATIFIKASI!] Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Agama Tasikmalaya pada hari dan Jam Kerja.


banner


 area I fix

area I fixAco CCTV 1area I fix 

 

ICON ZOOM PELAYANAN  ZIbigZIbigZIbigZIbig   ICON ZI WBK   hak hak perempuan dan anak
                      

pengumuman     pengumuman   costumer based1  pengumuman    pengumuman

 program prioritas 2024 1080p

 

    

Hot News

Singaparna I (Rabu, 22/01/2025) Bertempat selasar ruang hakim telah dilaksanakan rapat koordinasi tenaga teknis terkait pelaksanaan sidang keliling yang dipimpin oleh Ketua PA Tasikmalaya, Dr. Sugiri Permana, S.Ag.,M.H. didampingi oleh Misdaruddin, S.Ag.,M.H. dan dihadiri oleh Para Hakim, Panitera, Panitera Muda Gugatan, Panitera Muda Permohonan, Panitera Muda Hukum, Para Panitera Pengganti PTA Bandung yang diperbantukan di PA Tasikmalaya dan Para Panitera Pengganti PA Tasikmalaya. Selain pelaksanaan rapat koordinasi dengan para tenaga teknis, dilaksanakan juga rapat koordinasi tenaga pelaksana yang dihadiri administrator kegiatan sidang keliling yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama. Rapat dengan tenaga pelaksanan tersebut dipimpin oleh sekretaris PA Tasikmalaya, Hirpan Hilmi, S.T dengan didampingi oleh Kasubag Kepegawaian dan ORTALA, Idris Sudarajat, S.HI. Dengan dilaksanakannya rapat tersebut diharapkan pelaksanaan sidang keliling pada tahun 2025 ini dapat terlaksana dengan baik. ...

Siap Bangun Fasilitas Disabilitas, PA Tasikmalaya Studi Banding ke PA Kabupaten Malang dan Universitas Brawijaya

studi4

Singaparna | (27/02) Ketua PA Tasikmalaya, Dr. H. Uray Gapima Aprianto, M.H. didampingi Sekretaris Hirpan Hilmi, S.T., Pemelihara Sarana dan Prasarana Alan Mastri Husnun Azim, A.Md.T., Tahun ini, dan Staf IT Muhamad Fikri Al Farizi, S.T. telah bertolak ke Malang pada hari Kamis, 23 Februari 2023 dalam rangka studi banding Layanan Disabilitas. Tim Studi Banding PA Tasikmalaya selama 2 hari berada disana. Tempat yang dituju adalah Pengadilan Agama Kabupaten Malang yang merupakan satuan kerja yang menjadi role model Layanan Disabilitas di lingkungan Peradilan Agama. PA Kabupaten Malang dinilai berhasil dalam menerapkan dan membangun layanan disabilitas, bahkan mendapat apresiasi DIrektur Jenderal Badan Peradilan Agama, Dr. Drs. H. Aco, S.H., M.H. Hal tersebut yang melatar belakangi PA Tasikmalaya rela menempuh perjalanan lebih dari 12 jam demi membangun fasilitas disabilitas yang maksimal untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan khususnya penyandang disabilitas dan kelompok rentan/berkebutuhan khusus.

studi2studi3

Pada tahun anggaran 2023, PA Tasikmalaya mendapatkan anggaran untuk membangun fasilitas disabilitas. Dalam penerapan dan pembangunannya, PA Tasikmalaya berusaha agar bisa direalisasikan secara maksimal. Salah satu upayanya, PA Tasikmalaya langsung terjun ke PA Kabupaten Malang untuk melihat secara langsung fasilitas disabilitas yang ada disana dan penerapannya seperti Guiding Block, Drop Zone Difabel, Ramp / Lantai Landai, Kursi Roda, Tempat Duduk Prioritas, Alat Bantu Disabilitas, Toilet Khusus Disabilitas dan pelayanan prioritas bagi disabilitas. Ketua PA Tasikmalaya, Dr. Uray Gapima Aprianto, M.H. berharap pembangunan fasilitas disabilitas di PA Kabupaten Malang bisa di terapkan juga di PA Tasikmalaya.

“Saya harap fasilitas dan penerapan layanan disabilitas PA Kabupaten Malang, bisa kita contoh dan terapkan di PA Tasikmalaya” Ujarnya.

studi1 studi7

studi5

Setelah melihat dan mengamati secara langsung layanan disabilitas dan fasilitasnya di PA Kabupaten Malang, PA Tasikmalaya pun tidak serta merta puas dengan studi bandingnya. Tim Studi Banding PA Tasikmalaya melanjutkan penelitiannya ke Universitas Brawijaya, tepatnya ke Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya (PSLD UB). Karena, PA Kabupaten Malang pun merangkul PSLD UB dalam pembangunan Layanan Disabilitas hingga menjadi role model.

Disana, Tim Studi Banding PA Tasikmalaya berdiskusi dengan tim PSLD UB terkait kiat kiat penerapan layanan disabilitas pada satuan kerja. Adapun, sebelum menerapkan dan membangun layanan disabilitas, satuan kerja terlebih dahulu mempelajari apa saja layanan disabilitas yang bermanfaat di daerah tersebut agar pembangunannya bisa dirasakan manfaatnya. Salah satunya adalah dengan melakukan pendampingan dari organisasi disabilitas pada daerah tersebut.

studi6

Selain itu, Tim PSLD UB juga memberikan pemaparan terkait aksesibilitas website agar menjadi ramah disabilitas. Karena, aksesibilitas pada website juga perannya penting untuk memberikan informasi yang mudah dipahami oleh seluruh kalangan, khususnya disabilitas.

Dalam pertemuan ini, PA Tasikmalaya berharap kedepannya bisa terjalin kerjasama yang baik dengan Universitas Brawijaya Malang terkait penerapan layanan disabilitas dengan baik dan maksimal.

studi8

Seeperti diketahui, salah satu Misi Mahkamah Agung dalam mewujudkan Badan Peradilan yang Agung sesuai Cetak Biru Pembaharuan Peradilan 2010-2035 adalah memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan. Untuk mewujudkan Misi tersebut badan peradilan dibawah Mahkamah Agung perlu menetapkan standar pelayanan yang dapat dijangkau secara nyaman oleh semua lapisan masyarakat terutama para penyandang disabilitas dalam rangka mewujudkan pengadilan yang inklusif. Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor 206/DJA/SK/I/2021 Tentang Standar Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas Di Lingkungan Peradilan Agama merupakan standar layanan bagi penyandang disabilitas di Pengadilan dimaksud sebagai pedoman dalam melaksanakan dan memberikan layanan bagi penyandang disabilitas dalam lingkungan Peradilan Agama.

(Red:Fik)

Pelayanan E-Court

Aplikasi e-court adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran Perkara secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. e-Filing (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online)

Selanjutnya

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Berdasarkan surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan sebagai pengganti Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan terdapat prosedur permohonan informasi yang terbagi pada jenis jenis informasi yang terkatagori informasi yang wajib diumumkan setiap saat dan informasi yang wajib tersedia setiap saat dan dapat diakses oleh masyarakat.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Tasikmalaya memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Lebih Lanjut

E-Learning Mahkamah Agung

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia adalah sebuah situs untuk memfasilitasi dalam hal pendidikan pelatihan dan untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs resminya dengan cara klik tombol dibawah ini.

Lebih Lanjut

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

Dengan pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU-KIP) pada 30 April 2010, maka keterbukaan akan informasi termasuk informasi di bidang hukum dan regulasi yang diterbitkan dalam bidang hukum dan peradilan sudah merupakan kebutuhan masyarakat.

Lebih Lanjut

 


Pengadilan Agama Tasikmalaya, BISAA !!

[rtbs name="tab-home"]
cctv