Seputar Peradilan

Canggih! Badilag Kembali Launching Aplikasi Inovasi Baru, PA Tasikmalaya Siap Mendukung

kegiatan4

Singaparna | (02/11) Bertempat Diruangan Media Center, Ketua Pengadilan Agama Tasikmalaya Drs. H. Subhan Fauzi, S.H., M.H. didampingi wakil ketua, Syafruddin, S.Ag., M.S.I., Panitera Drs. Akhmad Jalaudin, para hakim, serta panitera muda menghadiri Launching Aplikasi e-Bundling Secara Virtual. Melalui surat Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama nomor 4651/DjA/HM.00/11/2022 Tanggal 1 November 2022 perihal undangan mengikuti acara Launching Aplikasi, kegiatan tersebut dimulai  Pukul 14:00 WIB yang diikuti oleh Seluruh Aparatur Pengadilan Agama di Seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H, M.H menyampaikan bahwa aplikasi ini adalah aplikasi luar biasa dalam menyelesaikan perkara yang merupakan hasil dari pemikiran bagaimana perkara yang menyatakan banding sudah bisa melalui aplikasi sampai pada pengadilan tingkat banding. Aplikasi e-Bundling ini merupakan aplikasi yang memfasilitasi pengajuan banding dimulai dari menyatakan banding sampai nantinya berkas tersebut lengkap sudah terkirim ke Pengadilan Tinggi Agama.

kegiatan6

Aplikasi ini sangat berguna dalam membantu proses banding sejak perkara tersebut diputuskan banding pada Pengadilan Tingkat Pertama oleh pihak. Sampai berkas tersebut dikirim pada proses tingkat Banding maka suatu keharusan berkas tersebut harus dimasukkan pada aplikasi. Sehingga perwujudan asas Cepat, sederhana dan biaya ringan dapat terwujud.

Inovasi terbaru berbasis teknologi informasi ini merupakan ikhtiar Dirjen Badilag dalam mewujudkan Peradilan Agama yang Excellent dan berkelas dunia.

“Peradilan Agama selalu berfikir mengarahkan mewujudkan Peradilan Agama yang Excellent dan Berkelas dunia. Maka kita harus melakukan inovasi, tidak ada batas jarak karena pemanfaatan teknologi informasi.” Ucap Dirjen Badilag.

Selanjutnya dalam acara peluncuran aplikasi E-Bundling, diharapkan seluruh Satker di bawah naungan Ditjen Badilag mampu menerapkan menerapkan aplikasi E-Bundling secara serentak agar tercapai manfaat dan tujuan E-Bundling itu diluncurkan.

(Fik)