Seputar Peradilan

Kiprah Wakil Ketua dan Hakim PA Tasikmalaya Dalam Pelatihan Isbat Kesaksian Rukyatul Hilal

kegiatan

Singaparna | (31/10) Berdasarkan surat Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI Nomor 1036/Bld.3/Dik/S/10/2022 Tentang Pemanggilan Peserta Pelatihan Teknis Yudisial Sidang Isbat Kesaksian Rukyatul Hilal bagi Hakim Tingkat Pertama Peradilan Agama Wilayah PTA Jakarta, Bandung dan Banten Tanggal 5 Oktober 2022, PA Tasikmalaya menugaskan semua aparatur yang namanya tercantum dalam Lampiran I. Adapun yang tercantum berjumlah 4 pegawai, yakni Wakil Ketua Syafruddin, S.Ag., M.S.I, serta 3 hakim antara lain Drs. Ahmad Faiz, S.H., M.S.I., Drs. H. I. Nurul Wasik, S.H., M.H., dan Drs. Dede Ibin, S.H., M.Sy.

Bertempat di meja kerja masing-masing, pelatihan  terbagi menjadi 2 tahap dimulai dari tanggal 31 Oktober 2022 s.d. 11 November 2022 dengan sistem pembelajaran online dan tatap muka secara klasikal. Adapun pelatihan tatap muka dilaksanakan di Pusdiklat Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI, Megamendung Kabupaten Bogor.

Pelatihan Teknis Yudisial Sidang Isbat Kesaksian Rukyatul Hilal ini diikuti oleh 45 peserta yang terdiri dari Hakim Tingkat Pertama Peradilan Agama di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Agama Jakarta, bandung dan Pengadilan Tinggi Agama Banten.

Wakil Ketua, Syafruddin, S.Ag. M.S.I. antusias mengikuti pelatihan ini, karena tentu akan menambah pemahaman terkait penetapan sidang isbat rukyatul hilal yang setiap tahun Pengadilan Agama selalu diikutsertakan oleh pemerintah setempat dalam pelaksanaan sidang isbat rukyatul hilal.

“Kami menyambut positif Pelatihan Teknis Yudisial Sidang Isbat Rukyatul Hilal yang diselenggarakan Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan, karena selain untuk memperdalam pemahaman terkait isbat rukyatul hilal, juga karena Pengadilan Agama selalu berperan aktif dan diikut sertakan oleh pemerintah setempat dalam penetapan awal bulan qomariyah khususnya Ramadhan dan syawwal” Ujar beliau.

(Red:Fik)