• [Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Tasikmalaya]
  • Jam Kerja Ramadhan 1446H
    Jam Kerja Ramadhan 1446H
  • [ Program Prioritas Badan Peradilan Agama 2025 ]
  • [Website Pengadilan Agama Tasikmalaya] Template website pengadilan yang sudah memenuhi standar SKMA 1-144/2011 Mengenai Keterbukaan Informasi Publik.
  • [Selamat Datang] Anda Memasuki Wilayah Bebas dari Korupsi Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Pengadilan Agama Tasikmalaya
  • [Aplikasi SIPP] Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
  • [E-Court] Untuk meningkatkan Pelayanan terhadap Pencari Keadilan, Mahkamah Agung RI mengembangkan dan mengimplementasikan Aplikasi e-Court (yang terdiri dari modul : e-filing, e-payment, e-notification, dan e-summons) . Yang didasari Perma Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik (PERMA 03 tahun 2018).
  • [SIWAS] "Whistleblowing System""adalah aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya." Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI menghargai informasi yang Anda laporkan karena Fokus kami adalah materi informasi yang Anda Laporkan.
  • [STOP GRATIFIKASI!] Apabila anda melihat, mendengar atau mengalami kejadian yang menunjukan indikas wewenang, penyimpangan atau pelanggaran perlaku Aparat Pengadilan. Ajukan Laporan Pengaduan anda secara tertulis melalui meja informasi/Pengaduan pada Pimpinan Pengadilan Agama Tasikmalaya pada hari dan Jam Kerja.


banner //banner


 area I fix

area I fixAco CCTV 1area I fix 

 

ICON ZOOM PELAYANAN  ZIbigZIbigZIbigZIbig   ICON ZI WBK   hak hak perempuan dan anak
                      

pengumuman     pengumuman   costumer based1  pengumuman    pengumuman

 

 

 Program Prioritas Ditjen Badilag 2025

 

    

Hot News

Singaparna I www.pa-tasikmalaya.go.idPengadilan Agama Tasikmalaya melaksanakan kegiatan coffee morning di selasar ruang hakim, Kamis pagi (27/02/2025). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh hakim dan dipimpin oleh Ketua serta didampingi Wakil Ketua Pengadilan Agama Tasikmalaya.Coffee Morning pagi ini membahas tentang optimalisasi e-Court dan terkait panggilan sidang. Ketua PA Tasikmalaya, Dr. Sugiri Permana, S.Ag., M.H. menyampaikan agar perkara yang didaftarkan secara e-Court, proses pemanggilannya harus dilakukan secara elektronik dan tercatat. Ketua juga menambahkan bahwa para hakim perlu melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan perkara e-court secara rutin kepada jurusita dan panitera pengganti. Kegiatan Coffee Morning merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali sebagai sarana diskusi, koordinasi dan evaluasi diantara para hakim terkait persidangan dan kegiatan-kegaiatan yang telah dilaksanakan, sedang berjalan dan akan dilaksanakan. ...

EKSPOSE HASIL PENGAWASAN DAN PEMBINAAN OLEH PENGADILAN TINGGI AGAMA JAWA BARAT

COVER small

Singaparna | (04/08/2020) Tim Pengawas yang diutus oleh Pengadilan Tinggi Agama Jawa Barat ke Pengadilan Agama Tasikmalaya, dipimpin oleh Drs. H. Mukhlis, S.H., M.Hum., selaku Ketua Tim, didampingi oleh H. Syarif Bastaman, S.E., dan H. Mohamad Hasan Shodiq Abdurrahman, S.H.I. pada hari Selasa, 04 Agustus 2020 mengekspose hasil temuannya selama pengawasan di Pengadilan Agama Tasikmalaya yang bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Tasikmalaya, setelah 2 (dua) hari melakukan pengawasan dan pembinaan dari tanggal 3 s.d. 4 Agustus 2020.

Ekspose diikuti oleh Pimpinan, para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh Pegawai Pengadilan Agama Tasikmalaya. Kegiatan ekspose diawali dengan menyanyikan lagu Mars Pengadilan Agama Tasikmalaya oleh seluruh hadirin, kemudian  dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua PA Tasikmalaya, Hj. Sri Sulistyani Endang Setyawati, SH., M.SI., beliau mengatakan bahwa tidak ada gading yang tak retak, yang artinya setiap manusia tidak ada yang sempurna termasuk dalam hal pekerjaan. Dalam hal ini adalah aparatur Pengadilan Agama Tasikmalaya, yang ketika melaksanakan tugasnya terkadang melakukan sebuah kesalahan. Maka dari itu, beliau memohon kritik dan saran yang membangun baik itu di bidang Kesekretariatan maupun Kepaniteraan agar bisa bekerja lebih baik lagi kedepannya.

1 small

Pada kesempatan ekspose tersebut, Ketua Tim Pengawas Drs. H. Mukhlis, S.H., M.Hum. menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh keluarga besar PA Tasikmalaya atas pelayanannya yang sangat baik selama Tim berada di Tasikmalaya, lebih lanjut beliau menyatakan bahwa pengawasan yang dilakukan bukanlah untuk mencari kesalahan namun untuk membenahi kinerja yang masih dirasa kurang maksimal.

2 small

Secara umum dapat dilaporkan bahwa kinerja pegawai Pengadilan Agama Tasikmalaya sudah cukup baik hanya ada beberapa temuan yang bukan masalah serius, hanya dikarenakan kurang ketelitian dalam bekerja, dengan begitu beliau berharap agar temuan dalam pengawasan ini dapat segera ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait dan agar lebih teliti lagi dalam melakukan pekerjaan sehingga dalam pengawasan dan pembinaan berikutnya tidak ada lagi temuan yang sama seperti temuan pada pengawasan kali ini.

3 small

Acara ekspose berakhir dengan beberapa catatan-catatan penting yang harus segera perbaiki oleh penanggung jawab masing-masing bagian agar tidak melakukan kesalahan yang sama pada pengawasan mendatang. Ekpose ditutup dengan penyerahan Laporan Hasil Pengawasan dan Pembinaan di Pengadilan Agama Tasikmalaya, yang diserahkan langsung oleh Ketua Tim dari PTA Jawa Barat kepada Ketua PA Tasikmalaya. Kemudian ekspose diakhiri dengan acara sesi berfoto bersama.

Pelayanan E-Court

Aplikasi e-court adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran Perkara secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. e-Filing (Pendaftaran Perkara Online), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online), e-Summons (Pemanggilan Pihak secara online)

Selanjutnya

Bagaimana Cara Mendapatkan Pelayanan Informasi?

Berdasarkan surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan sebagai pengganti Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan terdapat prosedur permohonan informasi yang terbagi pada jenis jenis informasi yang terkatagori informasi yang wajib diumumkan setiap saat dan informasi yang wajib tersedia setiap saat dan dapat diakses oleh masyarakat.

Selanjutnya

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Sebagaimana Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan, Pengadilan Agama Tasikmalaya memberikan layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang meliputi Layanan Pembebasan Biaya Perkara, Sidang di Luar Gedung Pengadilan, dan Pos Bantuan Hukum (Posbakum).

Lebih Lanjut

E-Learning Mahkamah Agung

E-Learning Mahkamah Agung Republik Indonesia adalah sebuah situs untuk memfasilitasi dalam hal pendidikan pelatihan dan untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs resminya dengan cara klik tombol dibawah ini.

Lebih Lanjut

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

Dengan pemberlakuan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU-KIP) pada 30 April 2010, maka keterbukaan akan informasi termasuk informasi di bidang hukum dan regulasi yang diterbitkan dalam bidang hukum dan peradilan sudah merupakan kebutuhan masyarakat.

Lebih Lanjut

 


Pengadilan Agama Tasikmalaya, BISAA !!

[rtbs name="tab-home"]
cctv